5 Masjid Terindah di Indonesia yang Bikin Kagum


Indonesia menjadi salah satu negara dengan populasi muslim terbanyak. Sehingga tak mengherankan jika Indonesia memiliki bangunan masjid yang luar biasa indahnya. Selain dijadikan tempat ibadah, masjid-masjid ini juga sering digunakan sebagai tempat wisata religi.

Masjid-masjid yang dibangun, tak lepas dari sejarah dan konsep yang dipadu-padankan dengan keunikan tersendiri. Sehingga, tak hanya membuat hati tentram saat memasukinya, namun juga begitu memanjakan mata.

Berikut adalah beberapa masjid yang terkenal dengan keindahannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Masjid Kubah Emas Depok

Masjid Dian Al Mahri biasa disebut dengan “Masjid Kubah Emas” mempunyai lima kubah berlapis emas. Kelima kubah ini melambangkan rukun Islam. Selain itu terdapat juga enam menara yang melambangkam rukun iman.

Masjid Kubah Emas didirikan oleh Dian Al Mahir dimulai sejak 2001. Proses pembangunan Masjid Kubah Emas memakan waktu selama 7 tahun. Masjid Kubah Emas diresmikan pada 31 Desember 2006, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Masjid Kubah Emas terletak Jl Meruyung Raya, Kecamatan Limo, Kota Depok.

Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid ini didesain oleh Frederich Silaban yang memenangkan sayembara pembangunan masjid. Dan diprakarsai oleh Presiden Soekarno.

Masjid ini mulai dibangun pada 24 Agustus 1951. Total waktu yang dibutuhkan untuk membangun Masjid Istiqlal adalah sekitar 17 tahun. Masjid selesai dibangun pada 1978 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer. Dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Bangunan utama itu dimahkotai satu kubah besar yang ditopang 12 tiang besar.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa namun dibagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter.

Ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter ditiap penjuru atapnya dengan satu menara terpisah dari bangunan masjid setinggi 99 meter.

Gaya Romawi terlihat dari bangunan 25 pilar dipelataran masjid sebagai simbol 25 Nabi dan Rasul. Di gerbang ditulis dua kalimat syahadat pada bidang datar tertulis hruf arab melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti.”

Masjid Agung ini dibangun sejak tahun 2001. Dan akhirnya diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 November 2006.

Masjid Agung ini terletak di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Masjid Raya yang asli dibangun pada tahun 1612 di masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Sumber lain juga mengatakan bahwa Masjid Raya Baiturrahman yang asli dibangun lebih awal pada tahun 1292 oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah.

Pada tahun 1873 masjid ini pernah di bakar oleh Belanda yang menjadi pemicu perlawanan masyarakat Aceh. Kemudian masjid ini dibangun kembali pada tahun 1879-1881 atas perintah Jenderal Van Der Heijden, dengan arsitektur de Bruchi yang menggunakan konsep gaya India.

Masjid Raya Baiturrahman adalah simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh. Masjid ini adalah landmark Banda Aceh sejak era Kesultanan Aceh dan selamat dari bencana tsunami pada 26 Desember 2004 silam.

Masjid ini berlokasi di pusat kota Banda Aceh, Kp. Baru, Baiturrahman.

Masjid Islamic Center Samarinda

Ini adalah masjid terbesar kedua di Asia Tenggara dan salah satu masjid termegah di Indonesia. Bangunan masjid yang menghadap langsung ke arah tepi Sungai Mahakam menjadikan masjid begitu menakjubkan.

Masjid megah ini bergaya arsitektur khas Turki dengan kombinasi unsur Eropa, Timur Tengah, dan Indonesia. Menara masjid ini berjumlah tujuh buah. Satu menara induk dan enam menara yang yang lebih kecil di bangunan masjid. Menara induk memiliki tinggi 99 meter, menyimbolkan jumlah Asma’ul Husna. Adapun enam menara lainnya merupakan simboli dari rukun iman.

Masjid Islamic Center Samarinda terletak di Kabupaten Teluk Lerong Ulu, tepatnya di kota Samarinda, Kalimantan Timur.



View Source Article

Leave a Reply

Close Menu
Translate »